Kajian web usability “bukukita.com” [1]

Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (KOM 333). Tulisan ini akan berisi kajian mengenai usability dari salah satu website e-commerce di Indonesia yaitu www.bukukita.com. Nantinya, kajian tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian.

Sebelum mengulas usability dari website ini, ada baiknya saya perkenalkan dulu beberapa istilah yang terkait nantinya.

Usability

Menurut Jakob Nielsen, usability merupakan suatu atribut kualitas dari sebuah antarmuka yang mengukur seberapa mudah antarmuka tersebut digunakan. Atribut kualitas ini terbagi menjadi lima komponen utama, yaitu:

  1. Learnability. Komponen ini menekankan kemudahan pemakaian oleh pengguna pada waktu desain antarmuka pertama kali digunakan. Apakah antarmuka tersebut mudah untuk dipelajari atau tidak.
  2. Efisiensi.Ketika pengguna telah berhasil mempelajari suatu antarmuka, seberapa cepat mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.
  3. Memorability. Ketika dalam jangka waktu yang cukup lama suatu antarmuka tidak digunakan , seberapa cepat pengguna dapat membiasakan diri kembali dengan antar tersebut.
  4. Errors. Komponen ini berkaitan dengan banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh pengguna, seberapa banyak seberapa parah, serta sebarapa mudah hingga pengguna menyadari dan memperbaiki kesalahannya.
  5. Satisfication. Seberapa menyenangkan antarmuka tersebut digunakan oleh pengguna.

e-commerce

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce atau disebut juga perdagangan elektronik. e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. (wikipedia)

www. bukukita.com

Website ini merupakan salah satu website e-commerce di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam penjualan buku. www.bukukita.com dapat dianalogikan seperti sebuah toko buku yang menjual berbagai macam buku, namun dalam memilih serta melakukan pemesanan semua dilakukan secara online.

Heuristic Evaluation

Tulisan-tulisan berikutnya akan mencoba mengulas website http://www.bukukita.com dengan menggunakan 10 tahapan standar yang kemukakan pula oleh Jakob Nielsen yaitu Heuristic Evaluation. 10 tahapan tersebut adalah:

  1. Visibility of System Status, memastikan pengguna memahami dan mengetahui apa yang ada pada sistem tersebut.
  2. Match Between System and the Real World, bahasa yang digunakan dalam sistem sebaiknya tidak jauh berbeda dengan bahasa yang ada di kehidupan nyata.
  3. User Control and Freedom, terdapat pilihan yang jelas ketika mengguna mengerjakan task yang tidak sesuai atau salah.
  4. Consistency and Standards, sistem dirancang dengan suatu standart tertentu dan konsisten, sehingga pengguna tidak perlu bertanya-tanya.
  5. Error Prevention, antarmuka yang baik adalah dapat mencegah terjadinya masalah yang dilakukan pengguna sejak awal
  6. Recognition Rather Than Recall, kurangi beban pengguna untuk mengingat sesuatu
  7. Flexibility and Efficiency of Use, permudah pengguna dalam menggunakan sistem
  8. Aesthetic and Minimalist Design, hindari informasi yang tidak relevan
  9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors, ketika pengguna melakukan kesalahan, beri pesan yang jelas dan mudah dimengerti menggunakan bahasa yang sederhana, serta memberikan permasalahan dengan solusi yang tepat
  10. Help and Documentation, adanya bantuan dan dokumentasi pada sistem akan sangat membantu pengguna
Advertisements

3 thoughts on “Kajian web usability “bukukita.com” [1]

  1. ryantie octaviani suganda says:

    Desain yang simple sehingga tidak terlihat rumit, enak untuk dipandang. Saya rasa sudah memenuhi lima kajian web usability yg dikemukakan oleh jakob. Pesan error ketika mengisikan form yg tidak lengkap juga ukup jelas dan mendetail, langkah pemesanan juga mudah dimengerti 🙂

  2. Niken says:

    secara keseluruhan sebenernya bukukita.com udh bagus dari sisi interface nya. Cuma mungkin terlalu banyak yang mau ditampilkan kali yah..
    jadi agak terlihat rame.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s