Kajian web usability “bukukita.com” [3 – end]

Masih sama seperti tulisan sebelumnya, kita masih akan membahas antarmuka dari website www.bukukita.com. Untuk menyegarkan ingatan, antarmuka dari website ini akan diulas berdasarkan 10 poin pada Heuristic Evaluation. Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas 4 poin, yaitu Visibility of System Status, Match Between System and the Real World, serta User Control and Freedom, Consistency and Standards.

Sekarang,,, mari kita lanjutkan untuk poin berikutnya… Happy reading… =D

***********************************

Error Prevention

Poin kelima ini menekankan fungsi antarmuka yang baik adalah yang dapat mencegah terjadinya masalah sejak awal. Pada website ini, misalnya pada keranjang belanja. Terdapat 3 tombol utama yang dapat dipilih oleh pengunjung, yaitu tombol ubah, lanjutkan, dan kembali ke katalog buku. Pada bagian bawah keranjang belanja, ditampilkan keterangan fungsi untuk masing-masing tombol. Hal ini tentu saja dapat mencegah pengunjung untuk melakukan kesalahan dalam memilih tombol yang dimaksud.

 

Hal lainnya yang dilakukan oleh website ini untuk mencegah kesalahan adalah pada bagian formulir pemesanan. Ketika sesorang telah selesai berbelanja dan bermaksud mengisi formulir pesanan, maka akan diberikan dua pilihan yaitu melakukan login apabila telah pernah menjadi anggota atau mengisi formulir pemesanan yang ada di bawahnya bila belum menjadi pernah menjadi anggota. Di dalam formulir pemesanan pada bagian pengisian alamat, telah dibatasi propinsi serta kota/wilayah yang dapat dipilih. Misalnya saya memilih Indonesia sebagai negara pengiriman, maka daftar Provinsi dan Kota yang dapat dipilih hanya yang terdapat di Indonesia saja. Begitu juga ketika saya memilih Bengkulu sebagai Provinsi saya, maka hanya kota yang terdapat di provinsi Bengkulu saja yang dapat dipilih.

Pencegahan lainnya yang diberikan oleh tampilan antar muka website ini adalah adanya petunjuk-petunjuk atau peringatan pada setiap baris isian formulir pemesanan.

 

Recognition Rather Than Recall

Poin selanjutnya memandang suatu antarmuka yang baik adalah yang dapat mengurangi kewajiban pengunjung dalam mengingat suatu informasi. Salah satunya adalah dalam formulir pemesanan juga. Ketika pengunjung lupa memasukkan kolom yang wajib diisi, atau mengisi tidak sesuai dengan yang diminta, maka selain adanya informasi kesalahan, isian yang pernah diisikan sebelumnya masih akan tampak. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pengunjung untuk memperbaiki kesalahannya tanpa perlu mengisi formulir dari awal kembali.

 

Flexibility and Efficiency of Use

Fleksibilitas dan efisiensi dari penggunaan website ini menurut saya sudah cukup baik. Pengunjung baru ataupun lama dapat memahami secara keseluruhan penggunaan dari website ini. Bagaimana cara melihat produk-produk yang ditawarkan hingga bagaimana cara melakukan pemesanan dapat dipahami pengunjung dengan mudah.

 

Aesthetic and Minimalist Design

Secara garis besar, informasi yang diberikan di dalam website ini sudah sangat baik dan terkoordinir dengan rapi. Informasi dan penjelasan-penjelasan yang diberikan sesuai dengan keadaan yang terjadi. Desain yang diberikan tidak terlalu rumit meskipun memang pada beberapa halaman terdapat bagian yang terlihat cukup penuh akbiat terlalu banyak konten yang ditampilkan.

 

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

Ketika pengguna melakukan kesalahan, beri pesan yang jelas dan mudah dimengerti menggunakan bahasa yang sederhana, serta memberikan permasalahan dengan solusi yang tepat. Kembali lagi pada formulir pemesanan, ketika terdapat bagian-bagian yang wajib diisi namun ternyata terlewatkan, atau adanya kesalahan pengisian, website ini memberikan pesan kesalahan yang jelas. Dengan begitu, pengunjung/pengguna dapat memperbaiki langsung pada kesalahan yang terjadi.

Help and Documentation

Pada sisi kanan dari website ini terdapat sebuah kotak yang berisi berbagai macam informasi penting yang dibutuhkan oleh pengunjung. Adanya informai ini akan sangat membantu pengunjung terutama bagi pengunjung baru dari website ini. Informasi yang ada pun merupakan informasi -informasi yang biasa dicari oleh pengunjung seperti  cara untuk menjadi anggota, cara melakukan pemesanan, ataupun cara untuk melakukan pembayaran.

*******

KESIMPULAN

Selesai juga pembahasan untuk kesepuluh poin yang ada.. =D

Secara keseluruhan dapat dikatakan website ini sudah cukup baik dari segi antarmuka yang ditawarkan kepada pengunjungnya. Dari 10 poin yang ada, website ini telah memenuhi sekitar 70% dari poin total dengan baik. Semoga saja ke depannya pelayanan dari situs dagang elektronik ini dapat terus ditingkatkan, mengingat situs-situs sejenis sudah banyak ada di internet. Apalagi situs ini tidak hanya sekedar menjual buku secara online, melainkan juga membentuk suatu komunitas pencinta buku yang sangat baik untuk dikembangkan… =D

So… sekian ulasan dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga ulasan saya ini bermanfaat bagi para pembaca… =D

See you on the next post… ^_~

Advertisements

3 thoughts on “Kajian web usability “bukukita.com” [3 – end]

  1. Norma says:

    bisa buat mainan tampilan buku muter2 di tengahnya cha..hehehe..
    pusing juga sebenernya..
    o iya.tulisannya terlalu kecil-kecil, judul buku yang ad di konten tengah tu lebih gampang d baca rata kiri dari pada di rata tengahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s