RESUME KULWAP PERDANA GRUP WA BLW

RESUME KULWAP PERDANA GRUP WA BLW
SELASA, 1 SEPTEMBER 2015, 19.30
Narsum : dr Ratih Ayu Wulandari, IBCLC
Profesi : Dokter laktasi di poli laktasi RS KMC dan Puri Cinere

Hallo…. Slmt malam, terima kasih ya sudah diundang di group ini 🙂 very excited 🙂

Perkenalkan sy dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC (Dokter Laktasi di poli laktasi RS KMC dan Puri Cinere). Saat ini saya masih cuti melahirkan. Saya punya 2 anak Arka 4th dan Alana 4bln. Saya praktisi BLW utk anak sy Arka (4th) dan membuka praktik kelas BLW utk keluarga yg ingin belajar BLW maupun yg dirujuk oleh DSA krn bayi menolak disuapi. Yang ada di grup ini tentunya sudah sangat familiar dg BLW ya, sudah mempelajari dan mempraktekkannya. Dan mungkin juga familiar dengan galau2nya BLW. Mari kita kupas satu persatu, sharing masalah yg sering sy temui, dan silahkan bila ada pertanyaan nantinya.

=.=.=.=.=.=.=.=.=.=

Semua tau BLW (baby led weaning) adalah cara makan dimana bayi tidak disuapi, bayi makan dg makanan padat, bila ia siap bayi akan memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan tangan kemudian dengan sendok garpu. Persiapan yg paling ideal utk BLW adalah bayi menyusu ekslusif ke payudara ibu on demand (sesuai permintaan bayi / baby led breastfeeding). Karena bayi yg menyusu adalah kapten, yg tau kapan ia lapar dan kapan ia kenyang, bayi mengatur sendiri isi perutnya shg berlanjut saat ia makan dg cara BLW.

*** Sudah membaca buku cooking book BLW? (belum disadur dlm bahasa indo)***

BLW menganut pola makan sesuai WHO (badan kesehatan dunia) sehingga semua makanan sudah boleh dikenalkan kepada bayi sejak 6bln yaitu: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur buah, lemak (minyak, butter, santan), teruskan ASI. Sehingga bayi Blw sejak 6 bln sudah boleh makan perkedel jagung, lele goreng tepung, lemper, chicken dumpling, nasi hainan kepal, opor ayam, gulai otak, nasi tutug oncom, nasi liwet, nasi kuning, smoothie strawberry dg yoghurt, perasan lemon, dan lainnya spt makanan mama papa.

Dalam WHO, boleh menggunakan gula dan garam, hanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis.

Kandidat yg baik utk BLW

  1. Bayi menyusu langsung ke ibu, sehat, BB baik (tdk dlm keadaan kurang gizi ) motorik baik, tidak ada kelainan anatomi dlm mulut spt tongue tie (akan mempersulit bayi makan).
  2. Paling baik bila ibu di rumah (krn tdk ada yg sesabar ibu)
  3. Bila ibu tdk ada perlu kerja sama yg baik dg orang yg  mengasuh bayi
  4. Keluarga yg gembira –> BLW perlu kegembiraan, kesabaran, rasa percaya kpd bayi. Ibu perlu memasak dg penuh cinta.

Dalam prakteknya aneka masalah bs ditemui dlm BLW seperti:

  1. Kenapa bayi saya belum mau makan saat memulai BLW?
    BLW hal yg kompleks. Coba observasi dari persiapan, cara makan, sikap ibu, lokasi, sampai lingkungan.
    * Persiapan : Bagaimana bentuk potongan makanan? Mulai dari besar dan panjang pada saat 6bln dan semakin kecil bila bayi sudah ahli.
    * Cara makan: Makan di high chair? Tangan bayi perlu ada diatas tray shg bs menjangkau makanan. Bayi menangis di high chair? Mungkin bayi tdk suka —> pangku saja. Bayi lebih mau merangkak drpd dipangku –> beri bayi kesempatan. Bayi mau berjalan sambil bawa makanan? Its okay.
    Sikap ibu atau orang lain yg menemani bayi makan= happy dan tdk mengintimidasi bayi /sbg cheerleader. Lokasi makan dan lingkungan tdk mengganggu bayi focus
  2. BB bayi tidak naik
    Cek makanan yg ibu sajikan, sudah sesuai WHO? Bayi makan on demand, jangan terlalu ketat dg jadwal makan. Mindset yg perlu dirubah tentang makan bayi dan anak: mereka belum tentu akan makan 1 piring penuh berisi nasi lauk pauk dan sayur. Bisa saja hanya makan karbonya skrg nanti makan protein saja. Kelihatannya spt ngemil tapi ini tidak apa2. Karena bayi ibu tetap makan

Pertanyaan yg sering muncul :

  • Apakah bayi kenyang dg BLW? —> Bayi bs kenyang krn bayi yg meregulasi isi perutnya
  • Apakah gizi bayi tercukupi? —->Ya bila makanannya sesuai dg WHO
  • Kenapa BB bayi saya turun/ tetap/ naik hanya sedikit sejak BLW? ——–> Bayi akan naik BBnya bila makanan dan cara pemberian makan benar

Sekian sekelumit BLW, tentunya kulwap ini belum bisa mencakup keseluruhan BLW. Silahkan bila ada yg ingin ditanyakan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s