Rigid

Dunia emak, dunia yang kalau diukur kompleksitas algoritmanya mungkin nilainya tak hingga saking kompleksnya. Dunia yang penuh drama melebihi drama korea. Dunia yang mulai dari lubang atas (mulut) sampai lubang bawah (pup dan pip) anaknya akan jadi urusan maha penting.

Dunia yang kompetitif, hingga semua hal bisa jadi bahan perdebatan. ASI vs Sufor, BLW vs SF, Ibu Bekerja vs Ibu Rumah Tangga. Yang terbaru sedang hits adalah soal gendongan, Pro Hipseat vs Kontra Hipseat. Terakhir, dunia yang dekat dengan akun hossip dunia maya (#eh, ga semua emak sih… XD)

Then I found this quote..

“Janganlah mengikuti metode orang lain secara kaku, kecuali metode anda sendiri. Bayi terlalu berharga dan individual untuk itu.” – Dr. Sears Family

Can not agree more with this!

Manusia bukanlah robot, bukan program komputer, bukan benda-benda pasif yang berlaku aturan logika kebenaran ‘jika A maka B’. Bila berhasil pada kondisi A, belum tentu pada kondisi B. Mungkin cocok untuk individu P belum tentu cocok bagi individu Q. Dalam ilmu pemrograman bahkan ada yang namanya Logika Fuzzy, sebagai alternatif logika kebenaran yang tidak bisa diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, benar atau salah, hitam atau putih).

Mencari sumber belajar sebanyak-banyaknya, mengetahui bagaimana kondisi ideal yang seharusnya, itu tetap penting. Tapi, sesuaikanlah dengan kondisi kita masing-masing. Memaksakan diri mengikuti segala hal agar tampak ideal, alih-alih menenangkan, bisa jadi justru membuat kita jadi tidak waras.

Duh, Mak… padahal kewarasan adalah bahan bakar utama supaya tetap seimbang menjalani peran sebagai ibu, istri, atau individu..

So.. Berdamailah dengan diri sendiri ya, Mak. Tak perlu baper berlebihan ketika ada beda pendapat beda keyakinan. Jalani saja apa yang engkau yakini, tinggalkan yang meragukan, dan carilah tempat/suasana yang cocok dan mendukung kita untuk tetap waras.

Stay strong Emak-emak sedunia.. ^_^

#30DWC5 #30DaysWritingChallenge #BundaFa30DWC #30DWC5Squad1

Your Kids, Your Rules!
Semangat Mak! ^_^

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s