Try Again

 

Menjaga emosi agar tetap stabil, tetap tenang ketika terjadi. Supaya jauh dari trauma. Tugasku.
.
Khilaf, mungkin sebelumnya lebih banyak khilaf. Memberikan reaksi yang membuatnya seakan sedang melakukan dosa. Membuatnya takut.
.
Malu. Dia rasakan juga itu. Ketika tertangkap basah sedang terjadi hal itu. Kabur, lari, menutup pintu, menghindar, menolak, mengabaikan, mengingkari.
.
Tenang. Ketika kucoba lebih tenang, kucoba juga menenangkan. Bahwa, ini adalah hal lumrah, ini bukanlah dosa, ini adalah proses yang normal. Perlahan, mulai terbuka ia. Senang hatinya. Kupeluk, kupuji, kusemangati lagi.
.
Tidak mudah memang membangkitkan rasa percaya diri pada anak, bahwa apa yang dilakukannya bukanlah kesalahan. Seringkali, sebagai orangtua, tanpa sadar terasa menghakimi. Meski bukan dengan unsur sengaja.
.
Sebuah pertanyaan sederhana bagi kita, nyatanya seperti teror bagi mereka. Beberapa waktu lalu sempat berbagi cerita pada teman, kemudian aku mendapat pencerahan mungkin khilafnya ada pada kami selaku orangtua. Kenapa harus ditanya ‘kenapa?’, sedang kondisi yang ditanya sebenarnya tidak lebih paham alasannya.
.
.
Beri reaksi yang datar, beri reaksi yang biasa saja. Ingatkan saja dengan baik. Tak perlu dengan kalimat yang menekan, sekalipun dengan nada yang biasa. Jelaskan saja bagaimana yang baik, bagaimana yang buruk. Lambat laun mereka akan paham dan mengerti. Melakukan bukan karena rasa takut melainkan dengan penuh kesadaran.
.
Besok kita coba lagi ya…. Kemarin kamu sudah melakukannya dengan baik. Segera berlari menuju tempat yang benar, sebelum terjadi yang tak diinginkan. Kemarin kamu sudah berani mengakui, bukan lari dan menghindar seperti yang sudah-sudah terjadi. Kita coba lagi hari ini dan besok hari. Aku mencoba tenang dan sabar, kamu mencoba mengenali dan beraksi.

Cheers!
#30DWC #30DWC5Squad1 #30Daywritingchallenge #BundaFa30DWC #toilettrainingfarzan

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s