Daya Ingat

Jangan remehkan daya ingat anak kecil, balita terutama. Otaknya yang masih berkembang, layaknya spons yang menyerap dengan cepat. Seperti kejadian oagi tadi, di depan ruang kelas tempat Farzan biasa mengaji.

Jam di dinding menunjukkan pukul 10.00, waktunya sesi kelas mengaji Farzan disudahi, berganti giliran dengan kelas lain. Farzan yang sebenarnya tidak benar-benar mengikuti kegiatan pembelajaran,  aku ajak untuk pulang.

 

Ketika hendak memakai sepatu, tiba-tiba Farzan berceletuk,  “Eh, kayak sendal Umi.” Aku merasa sedikit heran, apa memang ada temanku di sekitar sini?  Umi adalah sebutan Farzan kepada temanku yang sempat menjadi tetangga persis di sebelah rumah. Tapi sejak 2 bulan yang lalu sudah pindah.

 

Mataku berkeliling, mencoba mengonfirmasi pernyataan Farzan sebelumnya, kalau-kalau benar ada temanku dan anaknya yang hampir sebaya dengan Farzan ada di sekitar sini. Ternyata benar! Di dalam ruangan kelas mengaji Farzan sebelumnya ternyata ada temanku dan anaknya yang sudah mulai mengikuti sesi kelas mengajinya.

 

Takjub! Bahkan aku saja tidak tahu seperti apa sendal temanku itu. Tapi nyatanya, Farzan justru masih ingat, termasuk sandal anak temanku yang dulu biasa jadi teman berbermainnya. Masya allah, 2,5 tahun usianya, masih murni isi kepalanya, masih tajam ingatannya, bahkan untuk sesuatu hal yang remeh tapi detil seperti sandal.

 

Bagiku yang sudah dewasa, mungkin mengingat warna ataupun tipe sandal bukan menjadi prioritad utama untuk di simpan di salah satu sudut ingatan. Berbeda dengan anak balita yang seperti spons,  akan menyerap informasi apapun yang ada di sekelilingnya.

 

Aku pun berfikir, pantas saja banyak bayi yang hafal quran 30 juz sejak balita, biasanya berasa dari keluarga yang memiliki interaksi dengan Ajl-Quran cukup intens

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s