#30.20 Penutup

Ada awal ada akhir.
Ada jumpa ada pisah.
Ada hulu ada hilir.
Ada pembuka ada penutup.

Tidak terasa, siklus 30 hari yang kedua sudah sampai pada ujungnya. Terseok-seok untuk menyetorkan tulisan tepat waktu, naik turun semangat untuk tetap konsisten, mengais-ngais ulang niat awal ketika ikut lanjut dari jilid 5 ke jilid 6, sempat di DO di hari terakhir karena sedikit keliru dan salah paham, ogah-ogahan menjalani program, jadi warna-warni yang menghiasi siklus 30 hari yang kedua ini.

Pada siklus 30 hari yang pertama, berakhir dengan manis, penuh semangat menggelora, bahkan berlanjut hingga projek selanjutnya. Sayangnya tidak dengan siklus 30 hari yang kedua ini. Entah apa sebab utamanya.

Mungkinkah karena ketidakmampuan diri ini untuk move on dari suasana dan kondisi grup pada jilid sebelumnya? Mungkinkah karena waktu yang berbarengan dengan masa Ramadhan? Mungkinkah karena jenuh dan kehilangan tujuan utama untuk keep on the track? 

Yang pasti, benar adanya ketika akan mengawali sesuatu, temukan strong why terlebih dahulu. Inilah bahan bakar yang utama ketika kita mulai goyah.

Sayang memang, akhir dari cerita kali ini sedikit kurang mengenakkan. Mungkin buat orang sanguinis seperti saya, grup yang hidup lebih utama ketimbang tulisannya. Karena tujuan awal dan ekspektasi saya pribadi soal program ini adalah guyub, jamaah, kelompok. Ketika seorang diri tidak mampu, bersama-sama tentu lebih baik.

Saling menyemangati, saling koreksi, saling berbagi inspirasi, sesuatu yang tidak mungkin bisa dilakukan seorang diri. Adanya perasaan bahwa ada orang lain di ujung sana yang ikut melihat, memantau, dan membaca apa yang kita tulis itu bahkan lebih utama ketimbang hanya membuat tulisan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s